Proses Suksesi Putra Mahkota Vajiralongkorn Jadi Raja Thailand Dimulai

seputarinformasi.com- Kabinet Thailand telah menyerahkan nama Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn kepada parlemen. Hal ini berarti memulai proses suksesi Vajiralongkorn menjadi Raja Thailand menggantikan mendiang ayahnya, Raja Bhumibol Adulyadej.

“Sekretaris Perdana Menteri akan memberitahu Majelis Legislatif Nasional (NLA),” terang Wakil Perdana Menteri Thailand, Prawit Wongsuwon, seperti dilansir AFP, Selasa (29/11/2016).

Menurut prosedur, Ketua Parlemen Thailand selanjutnya akan mengundang Putra Mahkota Vajiralongkorn secara formal untuk menjadi raja. Putra Mahkota Vajiralongkorn kemudian harus menerima undangan itu agar dirinya bisa dinobatkan sebagai Raja Thailand.

“Saya mengharapkan presiden NLA akan mengabulkan audiensi kerajaan untuk besok atau lusa,” imbuh Prawit yang juga menjabat Menteri Pertahanan ini, sembari menyebut proses sukses berjalan secara bertahap.

Sebagai Putra Mahkota Kerajaan Thailand, Vajiralongkorn hampir pasti menggantikan Raja Bhumibol Adulyadej yang wafat pada 13 Oktober lalu, pada usia 88 tahun. Kepergian Raja Bhumibol yang berkuasa selama tujuh dekade, membuat rakyat Thailand sangat berduka.

Duka mendalam inilah yang membuat Vajiralongkorn sebelumnya menunda penobatannya sebagai Raja Thailand, dengan alasan ingin berduka bersama rakyatnya. Penundaan ini sempat memicu kekhawatiran akan proses suksesi. Namun pengumuman pada Selasa (29/11) menghapus kekhawatiran itu.

Vajiralongkorn saat ini diketahui tengah berada di Jerman, tempatnya banyak menghabiskan waktu. Dituturkan sumber yang memahami situasi ini kepada Reuters, bahwa Vajiralongkorn akan terbang kembali ke Thailand pekan ini juga agar audiensi dengan parlemen bisa digelar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*