Pentingnya kecepatan sebuah website

Pentingnya kecepatan sebuah website

Pengertian dan pembahasan tentang PageSpeed

Seputarinformasi.com-PageSpeed Insights adalah alat untuk mengukur kecepatan loading sebuah Blog/Web, anda bisa mengetahui berapa kecepatan loading blog/web anda  jika diakses oleh perangkat seluler maupun perangkat desktop. Alat ini mengambil URL dua kali, yang satu dengan pengguna seluler, dan yang satunya dengan pengguna desktop.

Skor PageSpeed berkisar antara 0 sampai 100 poin. Semakin tinggi skor semakin baik, jika skor blog/web anda 85 atau lebih itu menunjukkan bahwa laman anda telah bekerja dengan baik. Harap diperhatikan bahwa PageSpeed Insights harus terus disempurnakan, sehingga pengunjung bloog/web anda tidak pergi karena kecepatan situs anda terlalu lemot.

PageSpeed Insights mengukur bagaimana laman dapat meningkatkan kinerjanya dalam 2 hal :

  1. Waktu pemuatan paro atas: Waktu yang berlalu sejak pengguna meminta laman baru hingga saat konten paro atas dirender oleh browser.
  2. Waktu pemuatan laman penuh: Waktu yang berlalu sejak pengguna meminta laman baru sampai browser merender laman secara penuh.

Namun, karena kinerja sambungan jaringan sangat bervariasi, PageSpeed Insights hanya mempertimbangkan aspek kinerja laman yang tidak terkait dengan jaringan: konfigurasi server, struktur HTML laman, dan penggunaan sumber daya eksternalnya seperti gambar, JavaScript, dan CSS. Menerapkan semua saran akan sangat meningkatkan kinerja laman secara efektif.

Sudahkah anda tau berapa kecepatan loading blog/web anda, semestinya anda harus mengetahuinya, karena kecepatan loading sebuah situs sangat berpengaruh dalam jumlah pengunung situs anda, orang akan pergi meninggalkan situs yang dikunjunginya apabila loading situs itu terlalu lambat.

Pentingnya Kecepatan Loading pada website

Dalam memperindah suatu website, banyak tools dan gadget pada website yang kita gunakan.Tetapi seiring dengan banyaknya tools dan gadget tersebut kita lupa akan size (ukuran) website kita, yang berakibat pada bertambahnya lama loading yang kita perlukan dalam membuka website.

Kecepatan website merupakan salah satu bagian penting dalam optimasi website bagi user maupun search engine. Semakin cepat website diakses, semakin sedikit waktu yang dihabiskan oleh user untuk menunggu, dengan ini mereka akan merasa nyaman menjelajahi website anda.

Tetapi semakin lama mereka harus menunggu, maka kebanyakan dari user akan berpindah ke website lain, karena umumnya mereka tidak ingin menghabiskan waktu menunggu loading website.

Oh iya, sebelumnya saya jelaskan dulu apa yang dimaksud dengan loading time pada website. Loading time adalah waktu yang diperlukan suatu website untuk membuka konten-konten dalam website tersebut. Seorang admin web tentu tidak ingin viewer cepat-cepat meninggalkan webnya. Nah, untuk membuat para user tidak bosan akibat lamanya loading time website kita.

 

Selanjutnya kita lakukan pengujian dua buah website

  1. seputarinformasi.com (web kelompok)
  2. juara.net                         (web sampel)

 

1.Yang pertama kita lakukan pengujian website  www.seputarinformasi.com (web kelompok)

screenshot_4

a.versi mobile/seluler

screenshot_1

 

b.versi dekstop

screenshot_2

 

2.Selanjutnya kita lakukan pengujian website www.juara.net (web sampel)

screenshot_3

a.versi mobile/seluler

screenshot_5

 

b.versi dekstop

screenshot_6

 

Pembahasan Tentang Hasil Test PageSpeed Web versi Desktop dan Mobile (Web sampel dan web kelompok)

Dari hasil pengujian yg saya lakukan ternyata website www.juara.net versi dekstop lebih cepat/unggul 74/100 daripada versi mobile/seluler 52/100

Dan website www.seputarinformasi.com versi mobile/seluler lebih cepat/unggul 60/100 daripada versi dekstop 52/100

Dari hasil keduanya website www.juara.net lebih cepat dari pada website www.seputarinformasi.com dalam hal versi dekstop

Sedangkan versi mobile/seluler website www.seputarinformasi.com lebih /cepat unggul 60/100 sedangkan website www.juara.net hanya 52/100

Dan dapat saya simpulkan bahwa kedua website tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

 

Tips dan Trik Tingkatkan PageSpeed Website (Mobile dan Desktop)

 

images

1.Pastikan anda tidak menggunakan terlalu banyak PLUGIN.

2.Gunakan GAMBAR seperlunya dan tidak terlalu besar.

Gambar pada setiap artikel anda atau gambar theme juga perlulah dioptimize karena jika gambar         yang          digunakan berkualitas tinggi, ini sebenarnya akan memberikan kesan kepada pengguna broadband   (maxis, digi,        celcom). Mereka ini menggunakan gelombang, jadi untuk loading semua data di website anda akan mengambil      masa yang lama. Terlalu banyak gambar juga memberikan efek penuh pada halaman website selain memperpanjang  loading time.

3.Pastikan anda tidak menggunakan terlalu banyak WIDGET.

Sebaiknya hindari pemakaian widget yang berlebihan bila tidak memeberikan manfaat. Belum tentu user suka          dengan widget yang kita pasang

4. Mengunakan READ MORE pada setiap artikel anda.

Kelebihan menggunakan “read more” adalah artikel anda yang terlalu panjang akan dipendekkan supaya      keseluruhan artikel anda tidak ditunjukkan di muka hadapan website anda. Ini dapat memangkas masa loading  website anda.

5.Pemilihan SERVER HOSTING yang terdekat atau mengikut TARGET

sebelum anda membeli hosting, pastikan anda lihat siapa target user anda? Jika market terbesar website anda  adalah orang Malaysia, jadi saya sarankan anda gunakan server hosting yang berada di Malaysia.         Server hosting  yang dekat dapat memangkas masa dan melajukan loading website.

6.Standar size suatu website yang baik adalah 100kb.

 

KESIMPULAN AKHIR

Kesimpulannya adalah bahwa kecepatan sebuah website memang sangat di perlukan untuk menunjang kebutuhan pengunjung.

Selain itu kecepatan website juga menjadi faktor yang sangat penting jika kita berbicara soal ranking website di mesin pencari, seperti Google atau Bing

Kecepatan sebuah website dibutuhkan untuk loading suatu web pages bisa dikurangi dan pengunjung bisa lebih nyaman dan mudah mengakses halaman yang dikunjunginya.

Jadi,tidak setiap orang akan terus datang ke website kita tiap hari dan oleh karena itu kecepatan sebuah web memang sangat di perlukan untuk menarik pengunjung agar datang setiap hari.

About author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *