Kepala Badan Geologi Minta Masyarakat Pidie Ikuti Semua Arahan BPBD

Seputarinformasi.com– Gempa berkekuatan 6,5 SR mengguncang Pidie Jaya Aceh telah menelan 25 korban jiwa dan merobohkan puluhan bangunan. Meski tidak berpotensi tsunami, namun gempa-gempa susulan pasti terjadi.

“Kami sudah mendapat laporan (gempa susulan) skala-skala kecil. Karena biasanya, gempa susulan skalanya lebih kecil,” kata Kepala Badan Geologi, Ego Syahrial di kantornya, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (7/12/2016).

Ego mengatakan akibat gempa utama yang terjadi sekitar pukul 05.03 WIB tentunya menyebabkan keretakan terhadap sejumlah bangunan rumah milik warga. Ia meminta masyarakat untuk waspada bangunan itu roboh.

“Kami minta masyarakat waspada, karena keretakan ini kondisi bangunan cukup berbahaya. Ada gempa kecil sedikit bisa roboh. Mungkin itu yang kita ingatkan,” ucap Ego.

Ia mengimbau masyarakat untuk mengikuti segala arahan yang diberikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. Hal itu untuk mengantisipasi sesuatu yang tidak diinginkan.

“Jadi jangan terpengaruh sumber tidak terpercaya. Ikutin panduan yang dikeluarkan BPBD setempat, pusat komando di situ,” kata dia.

Ego memastikan gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami. Pasalnya, gempa terjadi di darat dengan kedalaman 10 kilometer.

“Kalau tejadinya di laut kedalaman dangkal, (kekuatan gempa) di atas 6 skala richter pasti tsunami. Untungnya ini terjadi di darat,” ungkap Ego.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*