100 Orang Tewas Akibat Bom Bunuh Diri ISIS di Irak

100 Orang Tewas Akibat Bom Bunuh Diri ISIS di Irak

Seputarinformasi.com-Sekitar 100 orang tewas dalam serangan bom bunuh diri di kota Hilla, Irak. Kelompok radikal ISIS mengklaim bertanggung jawab atas ledakan bom di sebuah pom bensin tersebut.

Korban tewas sebagian besar merupakan para jemaah Syiah asal Iran yang tengah dalam perjalanan kembali ke Iran usai menghadiri peringatan Arbaeen di kota Kerbala, Irak. Kota Hilla sendiri berada sekitar 100 kilometer sebelah selatan ibukota Baghdad.

Seorang pejabat kepolisian Irak mengatakan seperti dilansir kantor berita Reuters, Jumat (25/11/2016), pom bensin tersebut memiliki sebuah restoran yang populer di kalangan pengunjung.

Lima bus jemaah terbakar akibat ledakan bom pada Kamis, 24 November waktu setempat tersebut. Ledakan bom bersumber dari sebuah truk bermuatan bahan peledak yang dikendarai seorang pengebom bunuh diri.

Pemerintah Iran mengutuk serangan bom tersebut. “Teheran akan terus mendukung perang tanpa ampun Irak melawan terorisme,” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Irak Bahram Qasemi seperti dikutip kantor berita Tasnim.

Serangan bom ini terjadi di tengah berlangsungnya operasi pasukan Irak untuk merebut kembali kota Mosul dari kelompok ISIS. Operasi militer tersebut telah dimulai sejak 17 Oktober lalu. Mosul merupakan kota besar terakhir di Irak yang masih dikuasai ISIS.

About author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *